Menjaga kaki agar tidak cidera

Friday, December 3, 2010

















Sumber :Pretty

Kaki adalah anggota tubuh yang menanggung beban berat . Ya , tiap hari kaki memang harus menopang tubuh kita . Oleh karena itu , kaki perlu kita rawat dan jaga agar terhindar dari cidera .

Dari Semua tulang yang berada pada tubuh kita , 25 % ada pada kaki . Di kaki juga ada 33 sendi , 107 ligamen (jaringan pengikat yang mengikat antar tulang) , dan 19 otot . Itulah antara lain yang membuat kaki kita menjadi kuat dan elastis dapat berputar dan bergerak dngan mudah .

Meskipun kuat dan elastis , kaki kita juga perlu di jaga agar tidak mudah cidera . Ingat Cidera pada kaki akan membuat aktifitas kita terganggu .

AGAR KAKI TIDAK CIDERA
*Usaha kan selalu melakukan peregangan kaki setiap kali sebelum dan sesudah olahraga (lari , Jogging , basket , renang , Sepak bola , dll) . Caranya lakukan gerakan perlahan lahan dan seimbang . Seperti lari lari kecil di tempat dan peregangan betis , cara ini mencegah cedera kaki seperti keseleo , kram maupun nyeri otot ,(NB).
*Usahakan tidak berjalan di luar rumah (taman,kebun,atau jalanan umum) tanpa alas kaki . Hal ini untuk mencegah kaki tertusuk benda tajam yang menimbulkan luka atau infeksi.
*Sebaiknya hindari memakai sepatu dengan hak tinggi . Selain karena usia kita belum cocok menggunakanya , juga dapat membuat kaki kita cidera seperti keseleo .
*Pilihlah sepatu atau sandal yang pas ukuranya dengan kaki sehingga tidak membuat kaki kita terjepit atau terganggu peredaran darahnya . Pilih sepatu juga yang tepat dengan menyesuaikan kegiatan yang akan kita lakukan .

BEBERAPA Kegiatan melatih otot kaki ,
>Berlatih lompat tali untuk menguatkan otot betis dan tungkai kaki
>Melakukan seperti (NB) setiap saatnya


0 komentar:

Post a Comment

 
 
 

Downloads

tips n trick

Myth