Puluhan Orang Tak Dikenal Awasi Jemaat

Sunday, August 15, 2010

JAKARTA, KOMPAS.com - Jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur, Bekasi, merasa mendapatkan intimidasi dan pengawasan oleh sejumlah orang tak dikenal semenjak terjadi ketegangan dengan warga dan ormas tertentu beberapa pekan lalu.

Pada ibadah Minggu (15/8/2010) sekitar pukul 08.00 pagi tadi, jemaat HKBP juga diawasi oleh puluhan orang tak dikenal. "Pagi-pagi sekali sebelum jam 08.00, di lokasi ibadah sudah ada puluhan orang-orang dari kelompok yang menolak adanya ibadah. Mereka berkumpul di sana," kata Saor Siagian selaku advokat jemaat HKBP kepada Kompas.com, di Pondok Timur, Bekasi.

Menurut Saor, pagi ini jemaat HKBP Bekasi memang menggelar ibadah Mingguan sebelum kemudian menuju Istana Merdeka, Jakarta, untuk menggelar aksi dan ibadah di sana.

"Setelah jam 08.00 dan jemaat mulai berdatangan ke lokasi, konsentrasi massa ini sudah tidak ada dan terpencar-pencar," kata Saor.

Meski demikian, kata Saor, tekanan psikologis dari pengawasan orang tak dikenal ini tidak berhenti begitu saja. Beberapa orang dari kelompok itu tetap berada di lokasi ibadah jemaat HKBP. "Ada beberapa saya lihat yang tetap mengawasi. Ada yang sempat ikut berteriak dan menyatakan penolakannya," kata dia.

Namun demikian, ibadah yang diikuti sekitar 500 jemaat HKBP ini bisa berlangsung lancar tanpa gangguan. Ratusan aparat gabungan dari Polres Bekasi dan Satpol PP mengamankan ibadah yang dipimpin Pendeta Purba dan Ny Luspida Simanjuntak.

Saor mengatakan, jemaat HKBP merasa mendapatkan tekanan psikologis dan intimidasi dari pengawasan orang-orang tak dikenal ini. Meski pihaknya tidak dapat mengidentifikasi siapa kelompok-kelompok tersebut, Saor berharap pemerintah bisa bersikap tegas terhadap pihak-pihak yang secara terang telah bertindak intimidatif dan menggunakan cara-cara kekerasan.

"Kami meminta pemerintah tegas dan memproses hukum mereka-mereka yang melakukan kekerasan terhadap umat beragama," tuturnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 

Downloads

tips n trick

Myth